1. jika anda ingi menjadi seorang pembaca yang mampu maka jadilah seorang pendengar yang cerdas
2. sesungguhnya mayoritas manusia lebih mengutamakan seorang mendengar yang baik dari pada seorang pembicara yang baik . salah satu majalah pernah membuat sebuah majalan tentang ungkapan " mayoritas manusia datang mengunjungi dokter , bukan untuk memeriksakan kesehatanyya , namun untuk mendengar apa yang dikatakan oleh dokter.
3. Allah mencipytakan 1 lisan dan dua telinga , agar kita mendengar lebih banyak dari pada berbicara
4. mendengar yang baik adalah upaya yang serius untuk memahami kebenaran dan perasaan yang tersembunyi dalam sebuah ucapan . ini tidak di maksudkan agar anda menyampaikan pendapat anda dan menummpahkan perasaan anda, namun yang dimaksud agar keberadaan anda dirasakan dan agar dapat berinteraksi secara emosional sesuai dengan kemampuan anda dengan apa yang ada di hadapan anda.
5. seorang bijak mengatakan " agar anda menjadi orang yang penting ,maka jadilah orang yang merasa penting dengan apa yang dibicarakan orang lain (memerhatikan )
6. janganlah anda memotong pembicaraan orang lain namun berilah ia motivasi untuk melanjutkan pembicaraannya , agar ia juga bersikap seperti anda . dan dengarkanlah pembicaraannya , sebagaimana anda suka di di dengarkan ketika anda berbicara.
7. andai saja seorang penjual tidak pandai mendengar orang lain , maka sudah pasti mereka akan kehilangan pelanggan
8. andai saja seorang direktur tidak pandai mendengar permasalahan yang di alami oleh orang yang dipimpinnya , maka sudah pasti ia tidak akan menemukan solusinya . sebagaimanan ia pasti tidak akan bisa mendapatkan simpati mereka
dengan demikian " mendengar " adalah sisi lain yang harus diperhatikan dalam proses dialog. dan agar anada bisa menjadi pendengar yang baik , maka hendaknya anda menempatkan bahwa anda sangat perhatian dengan orang lain . dan jalan yang bisa anda tempuh agar anda mampu menjadi pendengar yang baik adalah anda harus berusaha sekeras mungkin dengan penuh ketulusan hati untuk ikut merassakan apa yang dirasakan orang lain dan memahami apa yang ia ucapkan .
juga mendengarlaj dengan kedua telinga anda saecara untuh dengan kedua mata anda . dengan keseluruhan jasad anda , gerakkalah kepala anda lihatlah oirang yang sedang bicara , hadirlah dalam pertemuan itu dengan sepenuh hati ,tidak karena terpaksa . berilah respon yang positif dengan ucapan anda . buktikanlah apa yang diucapkan oleh orang lain dan respon ini berlaku dari mulai mimik wajah , isyarat yang mudah dikenali seperti , ya , betul, itu masuk akal , DLL
kata kata ini sangat menyengat sang pembicara dan menjaga stabilitas pertemuan , juga semakin memperjelas sikap anda bahwa anda mendengar dengan baik , sekalipun anda tidak banyak mengeluarkan komentar.
2. sesungguhnya mayoritas manusia lebih mengutamakan seorang mendengar yang baik dari pada seorang pembicara yang baik . salah satu majalah pernah membuat sebuah majalan tentang ungkapan " mayoritas manusia datang mengunjungi dokter , bukan untuk memeriksakan kesehatanyya , namun untuk mendengar apa yang dikatakan oleh dokter.
3. Allah mencipytakan 1 lisan dan dua telinga , agar kita mendengar lebih banyak dari pada berbicara
4. mendengar yang baik adalah upaya yang serius untuk memahami kebenaran dan perasaan yang tersembunyi dalam sebuah ucapan . ini tidak di maksudkan agar anda menyampaikan pendapat anda dan menummpahkan perasaan anda, namun yang dimaksud agar keberadaan anda dirasakan dan agar dapat berinteraksi secara emosional sesuai dengan kemampuan anda dengan apa yang ada di hadapan anda.
5. seorang bijak mengatakan " agar anda menjadi orang yang penting ,maka jadilah orang yang merasa penting dengan apa yang dibicarakan orang lain (memerhatikan )
6. janganlah anda memotong pembicaraan orang lain namun berilah ia motivasi untuk melanjutkan pembicaraannya , agar ia juga bersikap seperti anda . dan dengarkanlah pembicaraannya , sebagaimana anda suka di di dengarkan ketika anda berbicara.
7. andai saja seorang penjual tidak pandai mendengar orang lain , maka sudah pasti mereka akan kehilangan pelanggan
8. andai saja seorang direktur tidak pandai mendengar permasalahan yang di alami oleh orang yang dipimpinnya , maka sudah pasti ia tidak akan menemukan solusinya . sebagaimanan ia pasti tidak akan bisa mendapatkan simpati mereka
dengan demikian " mendengar " adalah sisi lain yang harus diperhatikan dalam proses dialog. dan agar anada bisa menjadi pendengar yang baik , maka hendaknya anda menempatkan bahwa anda sangat perhatian dengan orang lain . dan jalan yang bisa anda tempuh agar anda mampu menjadi pendengar yang baik adalah anda harus berusaha sekeras mungkin dengan penuh ketulusan hati untuk ikut merassakan apa yang dirasakan orang lain dan memahami apa yang ia ucapkan .
juga mendengarlaj dengan kedua telinga anda saecara untuh dengan kedua mata anda . dengan keseluruhan jasad anda , gerakkalah kepala anda lihatlah oirang yang sedang bicara , hadirlah dalam pertemuan itu dengan sepenuh hati ,tidak karena terpaksa . berilah respon yang positif dengan ucapan anda . buktikanlah apa yang diucapkan oleh orang lain dan respon ini berlaku dari mulai mimik wajah , isyarat yang mudah dikenali seperti , ya , betul, itu masuk akal , DLL
kata kata ini sangat menyengat sang pembicara dan menjaga stabilitas pertemuan , juga semakin memperjelas sikap anda bahwa anda mendengar dengan baik , sekalipun anda tidak banyak mengeluarkan komentar.
cuaman segitu yang bisa sayan sampaikan .. kurang lebihnya minta maaf yaaaaaa..
semoga bermamfaat bagi anda sekalian ..
0 komentar:
Posting Komentar